CARA MUDAH MEMBUAT PUPUK ORGANIK

Pupuk Organik

pupuk organik

Bakteri Pengurai

Bakteri pengurai atau disebut juga Mikro Organisme Lokal (MOL) merupakan kultur bakteri yang dapat dibiakkan. Bakteri pengurai dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses terbentuknya kompos (dekomposer). Bakteri pengurai berfungsi sebagai aktifator kompos, pupuk organik dan pestisida organik. Sumber bakteri pengurai dapat diperoleh dari pupuk kandang, kotoran ternak atau dari tumbuhan. Bahan utama untuk membuat bakteri pengurai antara lain :
  1. Komponen karbohidrat, biasanya dari nasi, air cucian beras atau air tajin.
  2. Komponen glukosa, biasanya dari gula merah, gula putih atau air kelapa.
  3. Sumber bakteri, biasanya dari bahan yang mengandung sumber bakteri misalnya dari hewan yaitu bekicot, usus ayam, tulang ikan atau buah-buahan.
Contoh bakteri pengurai atau MOL diantaranya : mol batang pisang, mol buah, mol usus ayam, mol sayuran, dan mol air beras.

Cara Membuat Pupuk Orgnanik Dengan Bakteri Pengurai (MOL)

Alat dan bahan :
  • Usus ayam, kambing atau sapi 7,5 ons
  • Gula merah dicairkan 2,5 ons
  • Pengaduk
  • Botol plastik atau wadah dengan tutup yang berlubang.
Cara membuat :
  1. Masukan usus beserta dengan cairan gula merah ke dalam botol tertutup. Isi usus berfungsi sebagai penyedia dan sumber bakterinya. Sedangkan gula sebagai perangsang tumbuhnya bakteri.
  2. Peram selama 20-30 hari, setiap 3 hari aduk secara merata.
  3. Setelah diperam kemudian saring

Cara Menggunakan Pupuk Organik (MOL) 

Cara menggunakan Mol cukup mudah yaitu dengan cara menuangkan satu tutup botol ke dalam satu liter air dan disiramkan pada tanaman.


NB : Selain dengan bahan di atas, sobat juga bsa menggunakan bahan-bahan yang lainnya asalkan memenuhi ke tiga unsur utama yang telah disebutkan di atas. Contohnya dengan menggunakan bahan, air cucian beras (karbohidrat), air kelapa (glukosa), dan buah-buahan (sumber bakteri). Tergantung selera sobat saja. Jika masih bingung dengan penjelasan di atas, jangan malu untuk bertanya. Sobat bisa bertanya dengan berkomentar di bawah atau langsung saja hubungi saya, OK. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MUDAH MEMBUAT PUPUK ORGANIK"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan. No iklan, no ribut, no link aktif. Terimakasih :)