Saturday, June 7, 2014

Cara Mengemukakan Pendapat Dengan Baik dan Benar

TO THE POINT Dalam Mengutarakan Pendapat


To The Point menyampaikan pendapat
Pernahkah anda berhadapan dengan orang yang bicara berputar-putar atau tidak langsung pada point yang dimaksud ? Tentu sangat menyebalkan bukan ? biasanya hal ini terjadi pada saat diskusi. Tapi apa jadinya bila kita termasuk tipe orang seperti itu ? Wah ! parah sekali bukan ?. Jika anda termasuk ke dalam tipe orang seperti itu, maka sebaiknya anda hati-hati dalam berbicara. Karena sifat yang satu ini dapat membuat orang-orang menjauh dari kita dan menghambat pergaulan. Pertanyaannya, lalu apa yang harus saya lakukan agar saya dapat menyampaikan pendapat dengan baik dan TO THE POINT ? Tenang saja, di sini saya akan membagikan tips yang saya dapat dari buku telah saya baca tentang bagaimana caranya mengumngkapkan pendapat dengan baik dan to the point tentunya. Yuk, mari disimak :

Cara Menyampaikan Pendapat Yang Baik Secara To The Point:


1. Mengulang Hanya Jika Dibutuhkan

Jangan mengulang-ulang komentar atau pendapat yang anda sampaikan kecuali bila lawan bicara tidak mendengar atau menunjukan gelagat tidak mengerti. Setelah mengulang, lanjutkan pembicaraan.

2. Jangan Utarakan Pendapat Yang Telah Diutarakan Sebelumnya

Ungkapkan ide-ide atau pemikiran baru dalam diskusi dan jangan mengulang apa yang telah disampaikan oleh orang lain. Rasanya tidak ada orang yang ingin mendengarkan hal yang sama diulang-ulang kembali.

3. Hindari Kebiasaan Membumbui/Menambahkan Kata-kata

Lontarkan komentar/pendapat dengan kalimat sesederhana mungkin namun tepat dalam mengekspresikan maksud. Dalam kursus menulis, kita diajarkan untuk mengedit kata-kata yang ingin ditulis supaya lebih singkat dan mudah dimengerti. Tidak salahnya bila anda menerapkan konsep yang sama dalam percakapan/komunikasi verbal.

4. Ritme Bicara

Cepat lambatnya seseorang bicara mempengaruhi apakah orang lain dapat mengerti atau tidak apa yang hendak disampaikan. Kalau berbicara terlalu cepat, bisa-bisa apa yang hendak anda sampaikan malah tidak jelas. Dan sebaliknya, hindari ritme bicara yang terlalu pelan/lambat, sehingga lawan bicara mampu menyela pembicaraan dengan mengutarakan apa yang ingin anda sampaikan.

5. Hindari Lelucon

Jangan berusaha membuat lelucon yang mungkin ditujukan untuk membuat rekan tersenyum namun malah berakibat sebaliknya. Lawan bicara akan berpikir bahwa anda menghabiskan waktunya dengan melontarkan lelucon yang sama sekali tidak lucu. Hal ini sangat fatal terutama dalam meeting.

6. Diam Kalau Gugup

Hindari kata-kata seperti "uh" "yah, begitulah" "umm" dan "eh" yang biasanya digunakan saat kita gugup atau kehabisan kata-kata. Lebih baik diam saat anda tidak tahu apa yang ingn dikatakan, lalu bicaralah kembali dengan tenang mengungkapkan kata yang bermakna.

7. Bicarakan Topik Yang Dimengerti Oleh Semuanya

Jangan mendiskusikan hal-hal yang tidak relevan yang mungkin hanya dimengerti oleh anda berdua namun tidak dimengerti oleh rekan-rekan lain yang ada di situ. Bila anda ingin membicarakan hal yang sifatnya pribadi, lakukan nanti.

8. Dahulukan Kepentingan Kelompok.

Dalam diskusi, ajukan pertanyaan yang relevan dengan keberhasilan/kemajuan kelompok, bukannya tentang prestasi diri sendiri. Seandainya mempunyai pertanyaan yang berkaitan dengan diri anda, sampaikan setelah rapat selesai.

Nah itulah tips bagaimana caranya menyampaikan pendapat dengan baik dan benar. Dengan berbicara secara bijak, kita akan belajar berpikir dan bertindak secara bijak. 




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Maulana H, Published at 5:12 PM and have 8 comments

8 comments:

  1. Llaksanakan, biar nanti saya coba dirumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip kang, silahkan di cicipi =D :-d

      Delete
  2. Benar juga, meski pada praktiknya sulit. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sulit, tapi jika dicoba sedikit demi sedikit. Insya Allah mudah ;)

      Delete
  3. Ok k mantap k. Selamat berkarya,terima kasih k

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sipp sama-sama, makasih sudah mampir :-d

      Delete
  4. mantap kak. sangat membantu, sudah saya terapkan dan hasil nya joss. mantap

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan. No iklan, no ribut, no link aktif. Terimakasih :)