Organ-organ Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Organ Pada Tumbuhan

Jaringan pada daun
Organ daun tersusun atas berbagai macam jaringan

Dari judul di atas, sudah dapat ditebak bahwa kali ini saya akan membahas tentang tumbuhan. Tepat sekali, sebenarnya ini adalah ilmu yang saya dapat sewaktu saya masih duduk di bangku kelas dua SMP. Tapi, tidak ada salahnya bukan jika saya membagikannya di sini ? Siapa tahu bermanfaat untuk menambah wawasan sobat pembaca :)
Langsung saja disimak :

Organ utama tumbuhan terdiri dari akar, batang dan daun. Organ yang lain seperti bunga dan buah dianggap sebagai modifikasi dari salah satu organ utama tersebut. Misalnya bunga merupakan modifikasi dari daun. Setiap organ tumbuhan memiliki fungsi tersendiri. Berikut adalah organ-organ tumbuhan beserta fungsinya masing-masing :

AKAR
Berfungsi untuk menyerap air dan garam-garam mineral serta memperkuat berdirinya tumbuhan. Susunan anatomi akar dari luar ke dalam adalah epidermis, korteks, endodermis, dan pembuluh pengangkut (xilem dan floem)

BATANG
Berfungsi untuk menopang keseluruhan organ tumbuhan seperti daun, bunga dan buah. Batang juga berfungsi untuk mengantarkan air dari akar ke daun dan sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Jaringan yang menyusun batang adalah jaringan epidermis, pengangkut, parenkim, dan penguat.

DAUN
Berfungsi sebagai tempat melakukan fotosintesis dan penguapan air. Daun tersusun atas jaringan epidermis atas, jaringan tiang (palisade), jaringan bunga karang (spons), jaringan pengangkut (xilem dan floem), dan epidermis bawah. Pada epidermis daun terdapat stomata yang berfungsi sebagai tempat penguapan dan pengambilan gas-gas yang di butuhkan.

Nah itulah sedikit ilmu yang saya dapat tentang tumbuhan. Sebetulnya masih banyak, mungkin insya Allah pada kesempatan yang lain saya akan membagikannya lagi, semoga dapat bermanfaat bagi sobat pembaca ...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Organ-organ Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan. No iklan, no ribut, no link aktif. Terimakasih :)