Bagaimana Caranya Agar Konsisten Dalam Belajar ?

Cara Konsisten Dalam Belajar


Semangat Belajar!
Apa kabar Sobat pembaca ? Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan sedikit tips belajar yang saya dapat sewaktu saya masih duduk di bangku SMP. Yaitu "Cara Konsisten Dalam Belajar". Seringkali kita merasa bingung untuk memulai dan menjalani proses pembelajaran. Benarkan ? Terkadang kebosanan dan kemalasan sering menjadi rintangan yang paling berat dalam usaha kita untuk senantiasa belajar dan mencari ilmu. Sehingga akibatnya kita kurang konsisten dalam menjalani proses pembelajaran itu sendiri. 
Lalu solusinya apa ? Tidak ada pilihan lain kecuali meningkatkan semangat dan memperkuat niat agar kita dapat konsisten dalam belajar. Nah oleh karenanya, di sini saya akan membagikan beberapa tips yang mungkin saja bisa menjadikan Anda lebih konsisten dalam menjalani proses pembelajaran. Langsung saja disimak :

Menggunakan konsep 8T

  • Target (tujuan)
Mulailah dari tujuan. Tentukan tujuan belajar Anda. Pahami dan yakini bahwa tercapainya tujuan tercapainya tujuan tersebut sangat berharga bagi kehidupan Anda kini dan yang akan datang.
  • Tools (alat)
Alat atau fasilitas merupakan hal penting penunjang kelancaran belajar Anda. Tanpa alat dan fasilitas kita tidak bisa belajar secara maksimal. Pastikan bahwa alat dan fasilitas yang anda butuhkan telah tercukupi bagi proses belajar anda. Dalam mengadakan alat dan fasilitas belajar berorientasilah pada kegunaan bukan mahal atau kemewahan.
  • Training (pelatihan)
Pelatihan yang memadai akan melengkapi proses belajar. Di sini arti penting praktikum atau kerja praktek. Dengan pengamatan dan pengalaman atas teori yang anda pelajari, akan menghadirkan pemahaman yang lebih dalam tentang hal-hal yang anda pelajari.
  • Time (waktu)
Apapun yang anda pelajari, hal itu membutuhkan waktu. Pastikan anda memiliki waktu yang cukup, efektif dan efisien untuk proses pembelajaran anda.
  • Truth (kebenaran)
Apapun yang anda lakukan dalam belajar, hendaknya mengandung kebenaran yang hakiki bukan rekayasa atau manipulasi
  • Tracking (pemantauan)
Belajarlah melakukan pemantauan terhadap diri anda sendiri. Tanamkan kebahagian dan kebanggan atas prestasi yang telah anda capai (awas jangan terjebak dalam kesombongan). Sebaliknya, lakukan introspeksi terhadap kegagalan yang anda alami (ingat jangan sampai anda terjebak dalam keputusasaan)
  • Touch (sentuhan)
Tanamkan motivasi atau sentuhan manusiawi lainnya agar anda semakin semangat dalam belajar. Misalnya melibatkan orang-orang yang anda sukai atau sesuatu yang anda gemari dalam proses belajar anda.
  • Trust (kepercayaan)
Tanamkan kepercayaan sepenuhnya pada diri sendiri dalam belajar. Yakinlah bahwa dengan potensi yang anda miliki saat ini anda sangat layak mendapatkan keberhasilan dalam belajar.

Bila kedelapan hal tersebut telah anda lakukan, maka langkah terakhir dan terpenting adalah berdo'alah kepada Allah SWT agar memberikan kemampuan pada anda untuk mampu meningkatkan semangat dan memberdayakan diri dalam belajar. Sungguh tak dapat dipungkiri, tiada daya dan kekuatan yang dapat kita miliki kecuali hal itu merupakan Anugerah Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Caranya Agar Konsisten Dalam Belajar ?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan. No iklan, no ribut, no link aktif. Terimakasih :)